Langsung ke konten utama

Pentingnya Membuat Jadwal Bersih-Bersih

Nampaknya, setiap diri kita suka dengan yang namanya kebersihan. Meskipun pada kenyataannya, hal sederhana tersebut terkadang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Di kala rutinitas keseharian dan pekerjaan bertambah dan memerlukan waktu yang lebih untuk diselesaikan, urusan bersih-bersih terkadang tidak lagi menjadi perhatian.

Alhasil, kondisi ruangan atau bahkan rumah tempat tinggal tidak hanya berantakan namun juga terkadang menjadi kotor dan tidak indah untuk dilihat mata.

Pada banyak hal, terkadang kotor juga berarti bahwa akan adanya sumber atau sarang baru bagi virus atau bakteri yang menyebabkan sakit. Pada tahap ini, saya rasa pantas untuk dikatakan bahwa membuat jadwal khusus untuk bersih-bersih.


Saya biasanya melakukannya seminggu sekali ketika akhir pekan. Jika bukan di hari sabtu, biasanya ya hari minggu karena tidak adanya jadwal untuk bekerja alias libur. Sayangnya, hal tersebut kerap terlewatkan. Meskipun hari libur, ada saja rasa malas untuk tidak beranjak dari tempat tidur dan membersihkan kamar.

Hingga akhirnya, terkadang saya harus melakukannya di akhir hari minggu bahkan juga di hari senin itu sendiri.

Urusan bersih-bersih ini memang terlihat sepele bahkan sangat mudah sekali untuk dilakukan. Kelihatannya memang semudah itu. Untuk membersihkan kamar sendiri saja sebenarnya hanya sebatas mengatur barang-barang yang berserakan bukan pada tempatnya, menyapu lantai dan membersihkan debu di jendela dan pintu dan mengepel lantai. Selebihnya, tinggal menyemprot ruangan saja dengan pewangi ruangan.

Kalaupun ada tambahannya, paling sebatas menyikat dan membersihkan kamar mandi. Itu saja. Intinya apa yang harus dilakukan sudah saya ketahui sendiri dan bagaimana melakukannya pun tidak memerlukan pikiran yang dalam atau bahkan sampai mencari panduan.

Namun, tetap saja bahwa bersih-bersih itu kok rasanya tidak semudah pikiran saya awalnya. Padahal untuk melakukannya pun paling lama mungkin sekitar 1 setengah jam. Paling lama ya 2 jam, itu pun sangat jarang sekali.

Saya kemudian berpikir bahwa komitmen saya terhadap hal sesederhana ini nampaknya masihlah sangat kecil. Saya tidak benar-benar serius memikirkannya. Dan yang menurut saya yang bisa menjadi solusinya adalah adanya jadwal bersih-bersih yang harus saya tepati.

Ketika memikirkan mengenai jadwal tersebut, memang terkesan remeh dan terlalu mengada-ada, bahkan tak perlu ada drama seperti itu. Tapi mau bagaimana lagi, bagaimana pun saya mengingat bahwa akhir pekan adalah waktu dimana bisa diisi dengan merapikan kamar, justru malah sering tidak terjadi.

Ok. Saya akui juga bahwa sepertinya saya memanglah orang yang malas dan tidak seharusnya saya berperilaku demikian. Dan dengan adanya jadwal tersebut, mungkin saya juga bisa sedikit untuk semakin berkomitmen dan mengurangi rasa malas secara perlahan.

Padahal jika dipikir kembali, bertahun-tahun saya hidup, hal ini sebenarnya sudah menjadi salah satu bagian dari kebiasaan saya. Yang saya maksud adalah, saya sering bersih-bersih rumah maupun kamar. Namun, kenapa sekarang malah saya seolah menjadi malas dan tidak peduli?

Disisi lain, jika saya menanyakan diri saya sendiri mengenai suka tidaknya bermalam di kamar da diatas kasur yang bersih dan wangi, maka sudah jelas bahwa jawabannya adalah saya setuju dengan hal tersebut. Disisi lain, saya malah tidak ingin sedikit meluangkan waktu untuk mewujudkannya.

Tapi, mudah-mudahan dengan saya membuat jadwal bersih-bersih ini, akan ada sedikit perubahan kearah yang positif dan juga berguna bagi hidup saya. Siapa tahu dengan itu, saya bisa pula merubah bagian lain dalam diri saya untuk menjadi lebih baik lagi.

Ada saran buat saya mengenai bersih-bersih kamar atau rumah? Beritahu saya langsung di komentar di bawah ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenapa Tidak Akan Ada Gambar di Semua Postingan Blog Ini?

Hal sahabat semuanya, kembali lagi saya akan menuliskan tentang apa yang ada dalam pikiran saya kali ini terkait dengan rencana pengembangan blog ini kedepannya. Yaitu mengenai penggunaan gambar yang tidak akan ada pada postingan tulisan apapun dalam blog ini. Bagi saya, hal ini perlu saya tegaskan dan sampaikan kepada para pembaca dan pengunjung blog ini sekalian jika kedepannya anda akan menemukan pertanyaan terkait hal ini. Saya pribadi sebagai penulis dan pengelola blog ini memang berencana untuk tidak menggunakan gambar satu pun untuk kepentingan apapun terkait blog ini. Terutama sekali pada semua postingan artikel yang sudah ada dan yang akan dipblikasikan seterusnya.

Ribetnya Pakaian yang Warnanya Luntur Ketika Dicuci

Saya tidak tahu apakah akan menuliskan cerita apalagi setelah baru saja menerbitkan artikel mengenai alasan saya tidak menggunakan gambar di semua postingan artikel blog ini . Ketika mulai berpikir dan mencari ide lagi selama beberapa menit, akhirnya pikiran saya tertuju pada bagaimana ribetnya saya mencuci pakaian yang warnanya kerap luntur ketika dibersihkan. Apalagi ketika melihat kategori atau label blog ini yang salah satunya adalah tentang kegiatan Keseharian  yang meskipun harus saya akui bahwa tidak saya update setiap hari. Maka langsung saja terpikirkan mengenai kegiatan saya dalam hal cuci-mencuci pakaian ini. Saat saya membeli sebuah pakaian, entah itu baju maupun celana, saya biasanya sering menanyakan kepada si penjual apakah pakaian tersebut akan luntur ketika dicuci atau tidak. Maksud pertanyaan tersebut pasti sudah kalian ketahui kan?